orginal : www.musestorm.com, ditulis format indonesia oleh aprianto

Ajax ?

Istilah AJAX (Asynchronous JavaScript And XML) dalam pengembangan web menjadi populer pada beberapa tahun belakangan ini. AJAX ini sendiri bukan merupakan bahasa pemrograman baru, AJAX hanya merupakan sebuah teknik pemanfaatan object XMLHttpRequest dengan javascript untuk berkomunikasi dengan server secara Asynchronous, dengan pemanfaatan object XMLHttpRequest ini kita dapat membuat proses berjalan secara background atau bekerja dibelakang layar sementara user dapat tetap berinteraksi dengan halaman web yang ada. Pemanfaatan tehnik Asynchronous ini jugalah yang telah mendorong pengembangan web menjadi lebih kaya atau banyak yang menulisnya dengan istilah pengembangan Rich Internet Application (RIA) atau WEB 2.0.

Pengenalan Lebih Ke Ajax ? Deteksi Browser dengan Ajax ?

untuk mendeteksi type browser yang kita gunakan, kita membutuhkan pemanggilan object detection atau mendeteksi sebuah objek. ini terdengar sangat rumit dan menakutkan tetapi ini sangat mudah, berbeda browser juga berbeda javascriptnya. jadi semua nya akan saya coba untuk mengakses objek tersebut dan sebelumnya kita harus tahu browser apa yang akan kita cari.

ini coding untuk javascript firefox sebagai objek yang dibutuhkan :

var firefox = document.getElementById && !document.all;


disini kita harus membuat atau menentukan bahwa document.all adalah kosong atau null. ini digunakan untuk mengetahui user menggunakan firefox atau bukan.

What is the DOM and how to manipulate it using Javascript ? ( apa itu DOM dan bagaimana memanipulasi itu dengan javascript) akan segera diulas tuntas selanjutnya. ditunggu!!!