Tips SQL Server 2000 kali ini adalah tips mengenai bagaimana caranya mengetahui suatu tabel sudah dibuat atau belum. Tulisan ini berdasarkan salah seorang pembaca sony-ak.com yang bertanya mengenai hal tersebut kepada penulis. Caranya sangat mudah. Setiap object pada SQL Server memiliki apa yang disebut dengan database object identification number. Itu adalah suatu angka yang bertipe int yang merupakan id dari masing-masing object yang ada dalam SQL Server. Untuk mengetahui object id tersebut ada suatu fungsi di SQL Server yang digunakan untuk mendapatkan object id ini. Nama fungsinya adalah OBJECT_ID. Fungsi OBJECT_ID ini memiliki sebuah parameter yang bertipe char atau nchar dimana Anda bisa mengisi parameter tersebut dengan nama object (dalam hal ini tabel) yang ingin Anda ketahui id number-nya. Dengan fungsi OBJECT_ID ini kita bisa mengetahui apakah suatu object (dalam hal ini tabel) sudah ada atau tidak pada database. Sekarang mari kita coba bersama-sama kegunaan dari fungsi OBJECT_ID ini. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka Query Analyzer Anda.
  2. Buatlah database dengan mengetikkan

create database testing

  1. Buatlah tabel dengan mengetikkan

create table tbTest(nama varchar(50),alamat varchar(50))

  1. Untuk memeriksa apakah tabel tbTest pada database testing sudah ada atau belum maka Anda bisa mengetikkan perintah seperti berikut ini.

IF OBJECT_ID('testing..tbTest') IS NOT NULL PRINT 'tbTest sudah ada'

ELSE PRINT 'tbTest tidak ada'

Demikian contoh penggunaan fungsi OBJECT_ID untuk memeriksa suatu object di dalam database Anda sudah ada atau belum. Sekedar catatan jika Anda membuat tabel temporary pada database Anda maka Anda harus memeriksa object tersebut pada database tempdb. Misalnya Anda pada database testing tadi membuat tabel dengan sintaks berikut ini.


create table #tbTestTemp(nama varchar(50),alamat varchar(50))


Maka untuk memeriksanya Anda harus mengetikkan perintah seperti berikut ini.


IF OBJECT_ID('tempdb..#tbTestTemp') IS NOT NULL PRINT '#tbTestTemp sudah ada'ELSE PRINT '#tbTestTemp tidak ada'


Demikian tulisan singkat mengenai mendeteksi apakah suatu tabel pada database ada atau tidak. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Saran dan komentar bisa dikirimkan ke sony-ak@sony-ak.com.