ita dapat menghapus berkas atau file pada folder atau URl. saya biasanya  menggunakan perintah ini bila saya ingin menghapus file pada folder image. dimana gambar yang saya upload dan simpan tidak masuk ke dalam database (BLOB) melainkan saya simpan kedalam folder yang telah saya sediakan sebelumnya. perintah PHP ini biasanya disebut unlink function. perintah ini akan bekerja hanya jika diizinkan untuk menulis pada file tersebut. tanpa ini perintah hapus tidak dapat berjalan. untuk dapat menghapus file tersebut gunakan perintah sebagai berikut :

unlink($path);

path adalah file yang akan dihapus misalnya data.jpg, data.txt, data.css dan lain-lain. sehingga kita perlu memberitahukan kepada fungsi Unlink bahwa path itulah yang menjadi acuan untuk dihapus.

$path="images/linda.jpg";
if(unlink($path)) echo "Deleted file ";

sedangkan penghapusan yang tidak dapat bekerja sebagai mana mestinya sebagai berikut :

$path="http://domainname/file/red.jpg";
if(unlink($path)) echo "Deleted file ";


contoh perintah diatas akan memberikan pesan bahwa perintah ini tidak diijinkan. atau "unlink() [function.unlink]: HTTP does not allow unlinking. " untuk menghilangkan warning atau pesan kesalahan pada php kita juga bisa menggunakan add "@", sehingga pesan kesalahan yang ditampilkan akan bernilai false atau tidak muncul.

saya akan mencontohkan bagaimana fungsi Unlink dieksekusi menggunakan perintah if else, jadi  ketika file tidak dapat dihapus, maka proses tidak akan dijalankan.

$path="test.html";
if(@unlink($path)) {echo "Deleted file "; }
else{echo "File can't be deleted";}


sekarang kita sudah dapat menghapus file dengan menggunakan perintah Unlink pada PHP. untuk menggunakanya PHP4 atau yang lebih tinggi telah mendukung fungsi ini.